Posted by: purwonosobo | June 13, 2012

Kiat Dan Strategi Belajar Bahasa Arab Secara Mandiri

Satu hal yang mungkin aneh bagi sebagian orang adalah ketika saya tanpa bosan-bosannya mengajak umat Islam di sekitar saya untuk belajar bahasa Arab, padahal saya tidak bisa berbahasa Arab atau membaca kitab kuning kecuali ala kadarnya yang mudah-mudah. Namun dari sedikit yang saya bisa, alhamdulillah saya sudah merasakan manfaat yang besar seperti bisa mencari kata atau kalimat di kamus Bahasa Arab, sedikit banyak tahu kalau ada salah penempatan terjemah qur’an atau hadits (baik oleh khatib atau dalam buku terjemah yang disertai teks arabnya), searching kitab-kitab dalam bahasa arab di internet, dan termasuk memanfaatkan koleksi kitab di maktabah syamilah).

Di samping itu, ada pelajaran lain yang bisa saya ambil dan bagikan kepada teman-teman tentang bagaimana strategi belajar bahasa Arab, khususnya bagi remaja yang belajar di sekolah umum, atau jama’ah masjid dari kalangan awam yang ingin belajar bahasa Arab (bukan untuk tujuan menjadi ahli atau ulama) dan terlebih lagi bagi mereka se-tipe seperti saya, yaitu yang maunya ketemu dengan kondisi belajar seperti berikut:
• Tempat belajarnya dekat rumah dan mudah dijangkau.
• Biaya yang dikeluarkannya sehemat mungkin.
• Pelajarannya mudah dipahami atau tidak membuat stress karena menghafal.
• Waktu belajarnya fleksibel.

Kayaknya enak ya kalau bisa ketemu kriteria-kriteria di atas? Tetapi, adakah kondisi yang seperti itu? Insya Allah sulit didapatkan, tetapi Insya Allah bisa kita dapatkan, karena alhamdulillah saya juga mendapatkan kondisi yang demikian. Contoh kondisi tersebut: Di sekitar kita ada ustadz yang bisa bahasa Arab, mau mengajari kita secara gratis dengan metode dan buku pegangan yang mudah dan memungkinkan kita belajar sendiri secara aktif, waktu belajarnya bisa diatur sesuai situasi dan kondisi, serta ada beberapa teman belajar yang punya semangat sama dan belajar bersama sebelum jadwal belajar dengan ustadz.

Jika kondisi di atas sulit terpenuhi, maka cobalah strategi seperti berikut, Insya Allah bisa diterapkan untuk memulai belajar bahasa Arab dengan lebih mudah (bahkan jika dari NOL sekalipun, yang penting bisa membaca tulisan Arab):

1. Tentukan niat yang jelas, belajar bahasa Arab untuk apa? Pasang niat ikhlas semata-mata untuk keridhaan Allah SWT, karena dengan belajar bahasa Arab berarti kita belajar bahasa Al-Qur’an, bahasa Al-Hadits dst.
Niatkan belajar bahasa Arab itu tidak hanya untuk sebulan atau setahun, tetapi untuk selama hidupnya. Bukankah belajar itu tidak ada kata akhir sampai masuk liang lahat?
Dalam hal ini, saya sangat tidak bisa mengikuti pola belajar bahasa Arab sistem kilat. Kalau sekedar untuk mengenal komposisi bahasa Arab, tentu bisa. Tetapi jika ingin mengambil manfaat minimal dari kemampuan dalam bahasa Arab, hal tersebut hanya bisa berlaku untuk mereka yang Cerdas. Untuk orang yang seperti saya, atau mereka yang susah paham dan susah menghafal, ya hanya akan menyia-nyiakan waktu saja. Insya Allah akan lebih efektif mematok waktu saja minimal 3 (tiga) tahun, dan selanjutnya belajar secara lebih mandiri.
2. Tentukan tujuan belajar, mau belajar berkomunikasi atau untuk mampu memahami kandungan Al-Qur’an/Hadits atau kitab-kitab berbahasa Arab?, atau untuk kedua-duanya? Yang pasti, pelajaran yang perlu dipelajari adalah bahasa Arab resmi (fushah) dan bukannya yang ‘pasaran’.
3. Pilih buku pelajaran yang mudah dipelajari. Dalam hal ini, to the point saja, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Beli buku “Durussul Lughah al-Arabiyah Li Ghairi Naathiqiina Biha” karya Dr. V. Abdur Rahim, Dosen Universitas Islam Madinah, atau download di http://www.kalamullah.com/Books/Madina%20Books%20-%20Key%20in%20English/Lughat_ul_Arabia1.pdf
b. Download buku pedoman buku di atas yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia http://www.raudhatulmuhibbin.org/ 2009/02/panduan-durusul-lughah-al-arabiyyah-1.html
c. Download rekaman pelajaran bahasa Arab di Radio Rodja bersama Ustadz Hamzah (http://radiorodja.com/).
d. Tentukan jadwal belajar, baik pagi sore atau malam. Akan lebih baik jika diupayakan membentuk group/kelompok belajar bahasa Arab, terlebih lagi jika ada yang pernah belajar bahasa Arab atau bahkan bisa mengajarkannya.
e. Dengarkan rekaman pelajaran sambil membuka buku pelajaran. Jangan melangkah ke rekaman berikutnya jika belum memahami yang baik. Lakukan pengulangan dan pengulangan secukupnya.
4. Sebagai tambahan materi untuk mengetahui tentang materi dasar ilmu nahwu, bisa disimak pelajaran Bahasa Arab Dasar Online. Silakan download di http://badaronline.com/daftar-isi
Insya Allah, pelajaran disampaikan dengan sangat jelas dan mudah dipahami. Namun, karena tidak interaktif, tetap harus mencari ustadz untuk tempat bertanya, baik tatap muka, via telepon atau online.
5. Tambah wawasan dengan beli buku-buku bahasa Arab, tetapi tetap harus ingat pelajaran utama adalah buku yang disebutkan di atas.
6. Tetap istiqomah, Insya Allah minimal 3 (tiga) tahun ke depan, dengan upaya yang tiada terputus, kemampuan bahasa Arab Anda tidak kalah dengan yang belajar di pesantren ‘biasa’.

Pada akhirnya, semua tergantung kepada sejauh mana keseriusan dan semangat kita mempelajari bahasa Arab. Mungkin saya termasuk orang yang menyesal, karena tidak sungguh-sungguh belajar sejak dulu dengan benar. Bersyukurlah bagi Anda yang masih muda dan hidup di zaman sekarang ini, semua materi pelajaran telah tersedia, tinggal kita mau memanfaatkan atau tidak?
Jika ada kesulitan bagi Anda yang berminat mempraktekkan masukan di atas, baik dalam pengadaan materi pelajaran atau lainnya, silakan hubungi saya. Insya Allah dengan senang hati saya akan bantu untuk Anda. Wallahu a’lam. (Oleh Purwono)

About these ads

Responses

  1. syukran banget yah infonya.
    tolong doain ane supaya istiqomah belajarnya.
    amien

  2. matur nuwon tulisannya bisa ngak kita kenal lewat fb


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: